Jumat, 26 April 2019

Pengemasan & Fungsi Kemasan

Packaging Online Indonesia - Pengemasan & Fungsi Kemasan


Fungsi kemasan yang paling dasar adalah untuk mengakomodasi dan melindungi produk dari kerusakan, sehingga lebih mudah disimpan, diangkut, dan dipasarkan. Secara umum fungsi pengemasan pada bahan makanan adalah sebagai berikut:

pengemasan dan fungsi kemasan

Memfasilitasi produk selama distribusi dari produsen ke konsumen, sehingga produk tidak tumpah, terutama untuk cairan, pasta atau butiran

Lindungi dan lestarikan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban, oksigen, tabrakan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan kualitas produk.

Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label pada kemasan.

Meningkatkan efisiensi, misalnya: memfasilitasi perhitungan (satu paket berisi 10, 1 lusin, 1 bruto dan sebagainya), memfasilitasi pengiriman dan penyimpanan. Ini penting dalam dunia perdagangan.

Melindungi pengaruh buruk dari luar, Melindungi pengaruh buruk produk di dalam, misalnya jika produk dikemas dalam bentuk produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun dan produk yang dapat mengirimkan warna, dengan kemasan produk ini dapat melindungi produk produk lain di sekitarnya.

Memperluas penggunaan dan pemasaran produk, misalnya penjualan kecap dan sirup telah meningkat sebagai akibat dari penggunaan kemasan botol plastik.

Tingkatkan daya tarik calon pembeli

Fasilitas informasi dan iklan

Berikan kenyamanan kepada pengguna.

Fungsi 6, 7 dan 8 adalah fungsi tambahan dari kemasan, tetapi dengan meningkatnya persaingan di industri makanan, fungsi tambahan ini bahkan lebih disorot, sehingga penampilan kemasan harus benar-benar menarik bagi calon pembeli, dengan membuat:

1. Cetakan yang multi-warna dan mengkilap sehingga menarik dan mewah
2. Dapat mengesankan mengandung produk-produk berkualitas dan mahal
3. Desain teknis wadah memudahkan pengguna
4. Teknik desain wadah selalu mengikuti teknik terbaru sehingga produk yang mereka bungkus terkesan dengan perkembangan terbaru.
5. Selain fungsi-fungsi di atas, kemasan juga memiliki peran penting dalam industri makanan, yaitu:

Baca:
Jual Aneka Kemasan Kopi Premium
Jasa Packaging di Bandung

Identitas / identitas produk
Dekorator produk
Perangkat monitor
Media promosi

Media ekstensi atau instruksi tentang cara menggunakan dan memberi manfaat pada produk di dalamnya

Untuk kemasan pemerintah dapat digunakan sebagai bisnis perlindungan konsumen

Bagi konsumen kemasan dapat digunakan sebagai sumber informasi tentang konten / produk, dan ini diperlukan dalam pengambilan keputusan untuk membeli produk atau tidak.
Begitu pentingnya kemasan dalam perdagangan, membuat setiap produsen terus berinovasi untuk menciptakan kemasan yang fungsional dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar