Rabu, 27 Maret 2019

Pengaruhnya Brand Suatu Produk Agar Laku Dipasaran

Pengaruhnya Brand Suatu Produk Agar Laku Dipasaran


PACKAGING ONLINE | Kemasan adalah bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan melindungi produk dari benturan, kontaminasi udara, serta cuaca. Segala yang membungkus suatu produk yang terdapat didalamnya disebut dengan kemasan (packaging) selama dia melindungi produk tersebut.


Produk dibuat dan dibentuk sedemikian rupa agar memberikan kesan menarik kepada calon konsumen. Harapannya tentu saja image tentang produknya melekat dipikiran konsumen sehingga mereka akan mudah mengingat identitas produk. Selain untuk menampilkan pandangan yang baik, kemasan juga memiliki fungsi yang beragam. Salah satunya berfungsi sebagai media promosi atau branding.

Pengertian Branding


Branding adalah tidak melulu bicara soal merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan. Namun segala hal yang saling berkaitan dari suatu merek; mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut. Definisi menurut Landa..

Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Baca: Desain Kemasan Cemilan Unik


Pengaruh Brand Suatu Produk


Setidaknya ada 4 fungsi dari branding, diantaranya;
1. Fungsi Pembeda: produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merk lain
2. Fungsi Promosi: produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan
3. Fungsi Image: fungsi branding adalah untuk membentuk citra sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.
5. Fungsi Pengendali Pasar: brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand tersebut.

Terimakasih sudah menyimak artikel terbaru dari Packaging Online yang selalu update secara berkala. Jangan lupa share postingan ini ke media sosial favorit kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar